Save Enviroment

Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi objek pariwisata, salah satunya yaitu objek wisata alam seperti air terjun dan perkebunan yang letaknya terdapat di kaki gunung lawu. Air Terjun Serambang merupakan salah satu air terjun yang berada di Kabupaten Ngawi tepatnya di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Air terjun ini mulai dibuka sejak tahun 1995, sesaat setelah keberadaannya ditemukan (baca asal-usul terbentuknya Air Terjun Serambang).

Tempatnya yang sejuk dan pemandangan yang indah dengan dikelilingi pohon pinus menjadikan objek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk menuju lokasi air terjun para pengunjung harus berjuang melewati batu-batu besar yang terdapat di sepanjang sungai. Sehingga objek wisata ini sangat cocok untuk seseorang yang suka tantangan. Di sepanjang jalan menuju air terjun para pengunjung juga akan menjumpai beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman sekaligus sebagai tempat istirahat, oleh karena itu pengunjung tidak perlu khawatir ketika merasa lelah dan lapar.

Namun kurangnya kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lingkungan, menjadikan lokasi tersebut banyak dipenuhi sampah yang dapat mengganggu keindahan pemandangan yang ada. Tidak adanya tempat sampah juga menambah alasan para pengunjung tidak segan untuk membuang sampah secara sembarangan. Bahkan disetiap warung yang ada tidak disediakan tempat sampah oleh pemiliknya, jadi tidak heran jika disekeliling warung terdapat banyak sampah berserakan. Pengelolaan yang masih secara independen oleh warga sekitar, menjadikan objek wisata ini kurang terawat dan terjaga. Pak Siman (50 th) pengelola air terjun tersebut mengaku selama ini belum ada upaya pemerintah dalam merawat dan menjaga objek wisata tersebut. Padahal objek wisata ini sangat berpotensi untuk menambah pendapatan daerah.

Melihat hal tersebut membuat para mahasiswa Ngawi tergerak untuk melakukan suatu kegiatan bertajuk “Save Environment” yang dipelopori oleh Forsmawi regional Malang yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 30 januari 2016. Diantara kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian tempat sampah sekaligus bakti lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada kita semua khususnya para pengunjung untuk senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud pengabdian Forsmawi terhadap masyakat.

Dengan pemberian tempat sampah ini diharapkan para pengunjung tidak lagi membuang sampah secara sembarangan dan sadar akan pentingya menjaga lingkungan. Serta Pemerintah Daerah mampu melakukan tindakan dalam upaya merawat dan menjaga obek wisata tersebut. Sudah selayaknya kita sebagai generasi penerus bangsa turut menjaga lingkungan alam yang ada. Kalau bukan kita? Siapa lagi? (dak)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *