pencipta-kamera-ali

Pencipta Kamera

Berapa pixel kamera yang anda miliki saat ini? Dengan benda inilah sekarang semua kejadian penting dunia bisa diabadikan.

Tapi tahukah anda bahwa kamera pertama kali justru diciptakan oleh ilmuwan Muslim asal Iraq bernama Abu ‘Ali Al-Hasan bin Al-Haytham. Kebanyakan orang menyebutnya dengan Ibnu Al-Haytham atau Al-Hazen.

Dr. Adian Husaini dalam bukunya 10 Kuliah Agama Islam menjelaskan bahwa Ibnu Al-Haytham adalah ulama yang juga pakar fisika eksperimentalis yang hidup pada abad ke-11. Ia seorang pakar optik, pencetus metode eksperimen. Karyanya di bidang optik adalah al-Manazir, khususnya dalam teori pembiasan, yang kemudian diadopsi oleh Snell dalam bentuk yang lebih sistematis. Al-Haytham juga dikenal sebagai pembuat perangkat yang disebut sebagai Camera Obscura atau “pinhole camera”. Bahkan kata “kamera” sendiri diduga berasal dari kata “qamara” yang bermakna “yang diterangi”. Ini karena kamera buatan Al-Haytham memang berbentuk bilik gelap yang diterangi berkas cahaya dan diberi lubang di salah satu sisinya.

Dan, tahukah kita apa yang kemudian terjadi pasca penemuan monumental itu? Surat kabar terkemuka di Inggris, The Independent pada edisi 11 Maret 2006 menerbitkan sebuah artikel bertajuk, “Bagaimana para inventor Muslim mengubah dunia”. The Independent menyebut sekitar 20 penemuan penting para ilmuwan Muslim yang mampu mengubah peradaban umat manusia, salah satunya adalah penciptaan kamera obscura.

Peletak prinsip alat yang sangat dibutuhkan umat manusia itu telah dicetuskan oleh seorang sarjana Muslim sekitar 1000 tahun silam. Tak lain peletak prinsip kerja kamera itu adalah Ibnu Al-Haytham (965 – 1039 M). Menariknya, penemuan itu berawal kala Al-Haytham meneliti gerhana matahari. Ketika itu, Al-Haytham membuat lubang kecil pada dinding yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan melalui permukaan datar.

Kajian ilmu optik berupa kamera obscura itulah yang mendasari kinerja kamera yang saat ini digunakan umat manusia. Hal itulah yang kemudian menjadikan Nicholas J Wade dan Stanley Finger menulis bahwa kamera obscura ditemukan oleh Abu ‘Ali Al-Hasan Ibnu Al-Haytham, yang lahir di Basrah dalam karyanya yang berjudul “The Eye as an Optical Instrument : from Camera Obscura to Helmholtz’s Perspective”.

*) Imam Nawawi

Dikutip dari Majalah Mulia edisi Desember 2016

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *