jumat-barokah-uinsa-2

Jumat Barokah ala Uinsa

Pada dasarnya, setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak aktualisasi diri dalam beribadah, baik ibadah individual maupun ibadah sosial. Hari Jumat dikenal sebagai hari raya umat Islam. Bagi mahasiswa Forsmawi Uinsa (UIN Sunan Ampel Surabaya) yang kental akan ajaran Islam, hari Jumat adalah hari tersibuk di luar kegiatan akademik.

Beberapa mahasiswa tersebut membagi-bagikan nasi bungkus kepada kaum dhuafa di sekitar kampusnya. Meski jumlahnya hanya sekitar 20 nasi bungkus, kegiatan itu telah berlangsung sejak bulan Maret 2016 hingga hari ini (23/9). Kegiatan yang dilakukan setiap usai shalat Jumat (sekitar pukul 13.00 WIB) itu merupakan program unggulan dan rutinan Forsmawi UIN Sunan Ampel Surabaya yang dinamakan Jumat Barokah.

Bertepatan dengan semester ganjil tahun ajaran 2016/2017, program Jumat Barokah mengagendakan kegiatan baru yaitu Jumat Barokah Go Campus yang juga diadakan usai shalat Jumat (sekitar pukul 13.00 WIB). Bedanya, kegiatan Jumat Barokah Go Campus tidak diadakan tiap minggu namun tiap bulan, serta tidak diadakan di luar kampus namun di dalam kampus. Pada agenda baru itu, para mahasiswa Forsmawi UIN Sunan Ampel Surabaya tidak hanya membagi-bagikan nasi bungkus tetapi juga membagi-bagikan 100 es buah. Hari ini (23/9) Jumat Barokah Go Campus berlangsung sukses.

“Yang sering-sering ya mas kayak gini hehehe,” ucap salah satu penerima es buah setelah tahu bahwa minumannya gratis. Lokasi yang strategis dan cuaca panas yang mendukung membuat es buah yang dibagikan cepat habis. “Kegiatan ini memiliki dua misi. Pertama, untuk memperkenalkan Forsmawi bagi para mahasiswa. Kedua, untuk meraih Jumat Barokah di kampus yang kami banggakan,” ungkap salah satu mahasiswa asal Ngawi yang enggan disebutkan namanya.

“Persiapan kami hanya 5 hari dengan 7 orang. Bahkan yang aktif sejak awal hanya 4 orang,” ungkap salah satu mahasiswa Ngawi yang juga enggan disebutkan namanya. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat sederhana. Ia berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut di kampus-kampus yang menaungi Forsmawi, kemudian turut membangun kepekaan sosial kepada masyarakat sekitar. (aq)

Presented by : Forsmawi UIN Sunan Ampel Surabaya

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *