berburu-beasiswa-di-awal-kuliah

Beasiswa Indonesia 2017-2018

Tentang Beasiswa (Schoolarship) tentunya menjadi tren yang selalu dicari oleh Mahasiswa. Bukan hanya bagi mereka yang tidak mampu, namun juga yang berprestasi punya sejuta kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa dari banyak sekali lembaga beasiswa.

Berikut ini kita uraikan beberapa informasi Beasiswa Indonesia 2017-2018 yang dihimpun oleh tim Forsmawi.

  1. BEASISWA PPA

    Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dalam bidang Akademik. Kuota PPA 2017 sebesar 130.000 mhs.2.Penentuan PPA didasarkan pada :>

    • Daya tampung masing-masing PTN tahun 2017
    • Jumlah mahasiswa yang kurang mampu di masing2 PTN (UKT-1 dan UKT-2)

    Beasiswa diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Besarnya harga satuan tahun 2017 adalah Rp. 400.000,00 (empat ratus ribu rupiah) per mahasiswa per bulan.

    Link : http://belmawa.ristekdikti.go.id/2017/03/20/pedoman-beasiswa-peningkatan-prestasi-akademik-ppa-tahun-2017/

  2. BEASISWA DJARUM PLUS

    Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu skema Beasiswa Djarum yang rutin ditawarkan sejauh ini. Sasarannya adalah mahasiswa S1 di tanah air. Yang membedakkan, beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah S1 pada semester IV. Djarum Beasiswa Plus menggandeng sejumlah universitas di Indonesia sebagai mitranya. Jadi, harus dilihat apakah perguruan tinggi pelamar termasuk di dalamnya. Biasanya beasiswa ini dibuka awal April (relatif). Beasiswa Djarum menyediakan bantuan sebesar Rp 750 ribu per bulan selama 1 tahun bagi kandidat terpilih. Selain dana beasiswa, penerima Djarum Beasiswa Plus juga mendapatkan pembekalan.

    Persyaratan Djarum Beasiswa Plus 2017/2018:

    Umum

    • Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
    • IPK minimum 3.00 pada semester III.
    • Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
    • Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.
    • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
    • Mengisi Form Pendaftaran online di website djarumbeasiswaplus.org

    Administrasi

    • PDF dari form pendaftaran online
    • Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.
    • Fotocopy Kartu Mahasiswa.
    • Transkrip Nilai sampai semester III yang telah dilegalisir.
    • Surat keterangan aktif organisasi / Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi yang pernah diikuti / Fotocopy Sertifikat Prestasi yang dimiliki.
    • Surat keterangan dari kampus (Rektorat atau Fakultas) tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
  3. BEASISWA BANK INDONESIA

    Beasiswa yang diberikan kepada semua mahasiswa yang berprestasi baik dari keluarga kaya maupun miskin. Salah satu jenis beasiswa yang dapat diperoleh oleh mahasiswa strata satu yaitu beasiswa Bank Indonesia. Kisaran beasiswa yang dikeluarkan yaitu sekitar Rp 500.000,- hingga Rp 750.000,- untuk setiap bulan.

    Namun beasiswa ini memiliki jumlah yang cukup terbatas. Beasiswa ini hanya diberikan kepada setidaknya 80 orang mahasiswa dangan IPK sama dengan atau lebih dari 3.50. Menariknya, beasiswa Bank Indonesia dikeluarkan setiap tahunnya untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Persyaratan beasiswa dari Bank Indonesia secara lengkapnya yaitu sebagai berikut:

    • Mahasiswa aktif dari salah satu universitas yang telah ditentukan Bank Indonesia
    • Mahasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa lainnya atau tengah berada dalam ikatan dinas dengan lembaga atau instansi selain Bank Indonesia dalam ketika mengajukan beasiswa.
    • Mahasiswa setidaknya telah menempuh kuliah minimal 3 semester, atau mahasiswa telah menempuh setidaknya 40 SKS.
    • Indeks kumulatif prestasi atau IPK minimal 3.00 pada kisaran 4
    • Mahasiswa penerima beasiswa maksimal berusia 23 tahun untuk menerima beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2017.
    • Calon penerima beasiswa juga merupakan seorang mahasiswa yang aktif dalam kegiatan sosial yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Atau mahasiswa telah mengikuti kegiatan organisasi sosial di kampus.
    • Mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu
    • Untuk mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia, mahasiswa calon penerima beasiswa harus bersedia mengikuti serta berperan aktif dalam kegiatan dan komunitas Generasi Baru Indonesia serta ikut serta dalam semua kegiatan yang diadakan oleh Bank Indonesia.
    • Mahasiswa calon penerima beasiswa mendapatkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi seperti rektor atau pembantu rektor.

    Persyaratan yang ditujukan untuk penerima beasiswa Bank Indonesia, beasiswa dari Bank Indonesia ini juga memberikan ketentuan beasiswa sebagai berikut, Untuk dapat mengikuti beasiswa dari Bank Indonesia tahun 2017-2018 harus berasal dari fakultas yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia. Mahasiswa dari fakultas sebagai berikut yang dapat mengikuti beasiswa dari Bank Indonesia. Fakultas tersebut diantarnya yaitu:

    • Fakultas Hukum
    • Fakultas Ekonomi yang meliputi berbagai jurusan seperti Manajemen dan Akuntansi, dan jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan.
    • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    • Fakultas Ilmu Sosial Politik dengan jurusan Ilmu Komunikasi
    • Fakultas Pertanian atau Agrobisnis atau Fakultas Peternakan
  4. BEASISWA S1 GE FOUNDATION

    Kesempatan beasiswa ini juga tersedia rutin. GE Foundation Scholar-Leaders Program. Yaitu beasiswa S1 yang disediakan GE Foundation untuk mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi mitra di tanah air untuk mengikuti beasiswa tersebut. Beasiswa biasanya disediakan awal November dan terbuka bagi mahasiswa yang sudah duduk di tahun kedua kuliah (semester 3). Skema ini salah satu yang patut dipertimbangkan untuk mengikuti beasiswa 2017 – 2018.

    Tahun lalu, beasiswa diberikan dalam bentuk dana sebesar $ 1.200 untuk tahun kedua, ketiga, dan keempat selama mengambil gelar S1. Tidak hanya itu, kandidat terpilih juga berkesempatan mendapat bimbingan langsung dari pemimpin bisnis GE (General Electric), berpartisipasi dalam kegiatan GE Foundation Scholar – Leaders, seminar pengembangan kepemimpinan yang dirancang khusus, juga ikut serta dalam proyek-proyek pengembangan masyarakat.

  5. BEASISWA OSC ( METROTV + AVIAN BRANDS)

    Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia ini diadakan oleh situs berita & video MetroTVNews.com. OSC hadir untuk memberikan kemudahan putra/i Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan hingga S1 dengan menggunakan beasiswa yang ada di setiap universitas favoritnya. Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang kekampus/universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung.

    OSC mempersingkat proses tersebut dengan metode Online, pendaftaran dan test tahap awal dilakukan melalui sistem online.

    OSC kini telah memasuki tahun ketiga, dengan melibatkan 12 Perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia, dan menyediakan 240 beasiswa S1 yang dapat diperebutkan oleh setiap siswa/i SMA/SMK sederajat di Indonesia.

    OSC diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi yang memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

    Dengan dilibatkannya 12 perguruan tinggi swasta dari 5 kota yang berbeda (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya). Para peserta dapat lebih leluasa memilih universitas favoritnya, serta memiliki akses yang lebih mudah dalam melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang sarjana (S1).

    LINK : http://osc.metrotvnews.com/

Oleh Astrid Ganadya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *